Belajar dan bertindaklah


Keinginan. Manusia mempunyai keinginan. Mereka yang miskin pasti mempunyai keinginan untuk merubah kondisinya menjadi lebih baik.

Mereka yang kaya, juga pasti masih mempunyai keinginan. Apakah keinginan itu selalu dapat diwujudkan ? Jawabannya bisa ya dan tidak. Hal yang terpenting adalah bagaimana proses untuk mewujudkan keinginan itu.

 Jika manusia sudah memiliki keinginan tetapi hanya diam saja, tanpa ada usaha untuk mewujudkan keinginan itu , walaupun dengan mengemukakan berbagai alasan , keinginan itu akan menjadi sebuah impian belaka. Sebaliknya jika manusia yang memiliki suatu keinginan dan kemudian berusaha untuk mewujudkannya, itu akan memberikan nilai positif baginya. 

Pertama, keinginan itu dapat diwujudkan. Kedua, keinginan itu tidak dapat diwujudkan. Walaupun keinginan itu tidak dapat diwujudkan, pelajaran dan hikmah yang diperoleh setelah melalui proses untuk mewujudkan keinginan itu sangatlah berharga. 

Pelajaran itu dapat digunakan untk melakukan usaha berikutnya.  

Oleh karena itu teruslah belajar dan bertindak, dengan belajar kita akan mendapatkan ilmu, dan dengan tindakan kita akan mendapatkan hikmah. sebagaimana air, jika air itu berhenti justru akan menjadi sarang nyamuk dan merugikan makhluk lainnya, tetapi jika air itu terus bergerak maka akan manjadi kekuatan yang luar biasa.

Comments

Popular Posts